Ini Dia Makanan Unik di Beberapa Daerah Indonesia

13.36




Sumber Foto: Internet

www.pecandukuliner.com - Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup kaya akan ragam kulinernya, dengan mudah Kita bisa menemukan makananunik di setiap daerah di negara ini. Setiap daerah baik yang berdekatan sekalipun memiliki kuliner yang khas baik bahan, bumbu, maupun cara pengolahannya. Kekayaan kuliner inilah yang menjadikan Indonesia sebagai surga bagi penggiat wisata kuliner dari berbagai negara. Saking banyaknya jenis kuliner yang ada terkadang masyarakat Indonesia sendiri masih baru pertama kali mendengar nama makanan khas daerah lain.

Makanan Khas dengan Nama Unik

Selain menyajikan masakan yang terkenal akan ciri khas pemakaian aneka rempah, ternyata bahan yang digunakan pun kaya. Beberapa daerah memiliki santapan khas yang memiliki nama cukup unik, beberapa diantaranya adalah:


1.       Sate Kalong khas Cirebon

Sumber Foto: Internet

Cirebon menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak kuliner khas namun, tahukah Anda? Bahwa ada kuliner khas yang bisa ditemui di tanah Cirebon dengan nama yang menarik. Namanya Sate Kalong, tapi jangan takut dulu sate ini tidak dibuat dari daging Kalong melainkan daging kerbau. Disebut demikian karena warung yang menjualnya hanya buka di waktu malam.

2.       Sate Lalat khas Madura

Sumber Foto: Internet

Madura menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memang terkenal akan kekayaan kuliner satenya. Hanya di Madura Kita bisa menikmati sate ayam lengkap dengan telur yang belum bercangkang dari ayam betina. Selain sate ayam telurnya, Madura memiliki kuliner yang unik dan menarik dari nama masakan tersebut. Ialah Sate Lalat, mendengar namanya kebanyakan orang sedikit takut apakah berupa lalat yang ditusuk-tusuk dan dibakar. Tebakan tersebut salah kaprah, sebab Sate Lalat merupakan makanan unik dari Madura dari daging ayam namun dipotong sangat kecil dan menyerupai ukuran lalat.

3.       Nasi Kucing khas Yogyakarta

Sumber Foto: Internet

Yogyakarta selain terkenal sebagai kota wisata juga wisata budaya dan wisata kuliner dengan pilihan masakan beragam. Mampir ke Yogyakarta sebaiknya mampir ke salah satu warung gerobak untuk menikmati Nasi Kucing. Disebut dengan nama Nasi Kucing dikarenakan porsinya yang sedikit seperti hendak memberi makan kucing. Namun kenikmatan menu khas yang murah meriah ini tidak diragukan lagi, terlebih teman makannya banyak. Penjual Nasi Kucing biasanya menyediakan lauk berupa ceker bumbu kecap, gorengan, mie goreng, dan sebagainya.


4.       Nasi Kentut khas Medan

Kota Medan juga sering dijadikan persinggahan oleh wisatawan kuliner karena banyak jenis masakan khas yang nikmat. Masakan dari daerah Sumatra memang identik dengan rasanya yang pedas dan beberapa cukup jitu membakar lidah. Mampir ke Medan sebaiknya mencari warung yang menjual Nasi Kentut, namanya saja sudah sangat unik. Namun nasi ini bukanlah nasi yang berbau kentut disebut demikian karena nasi dibungkus menggunakan daun kentut. Daun inilah yang menciptakan aroma dan rasa nasi makanan unik asal tanah Medan ini berbeda dengan nasi di daerah lain.



You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images